Sabtu, Desember 20, 2008

Cara Membuat Blogwalking Berkwalitas

Salam barokah para blogger Indonesia dan selamat bertemu kembali dengan Gudang rejeki di pembahasan, cara membuat blogwalking yang berkwalitas. Jika dicermati makna dari judul diatas, sepertinya agak berat pembahasan kali ini karena blogwalking itu hanyalah sekedar kegiatan silaturahim antar blog saja atau saling kunjung-mengunjungi sesama pemilik blog. Memang pada hakekatnya makna dari judul ini bukan hanya sekedar kunjung-mengunjungi tapi ada yang harus dipahami lebih dalam lagi tentang blogwalking yang layaknya seperti produk yang mempuyai kelas mutu.


Agar lebih jelasnya kita singkirkan saja definisi yang membingungkan diatas sehingga pembahasan tips kali ini menjadi lebih sederhana atau saya coba membuat suatu penjabaran dengan kalimat yang mudah dimengerti sehingga lebih asik dipahami.

Blogwalking yang dalam bahasa gaulnya adalah mampir ke blog tetangga dan meninggalkan pesan atau kesan terhadap blog tersebut dan biasanya kunjungan yang dilakukan para blogger dengan cara-cara berikut ini:

1. melalui klik nama tamu pada shoutbox yang terpasang di blog
2. klik nama di kolom komentar pada akhir artikel di blog dan
3. klik salah satu judul di halaman hasil penelusuran search engine.

Sampai disini pasti belum menamui kesulitan karena semua cara diatas adalah langkah dasar yang biasa kita lakukan. Tetapi untuk pemilik blog yang masih baru langkah ini perlu dijelaskan agar dapat memahami pembahasan berikutnya.

Ok, sebaiknya kita lanjutkan saja ke pembahasan berikutnya. Tapi sebelum melangkah jauh terlebih dahulu kita harus tahu apa tujuan dari tulisan ini. Banyak cara dalam ilmu SEO untuk mendatangkan tamu atau pengunjung blog dan salah satunya adalah melakukan blogwalking. Ini merupakan cara kuno yang sangat efektif dan efesien, baik untuk blog lama maupun blog yang baru saja diluncurkan.

Menjadi maksimal, berkwalitas atau tidaknya blogwalking tergantung dari cara kita melakukannya. Maksudnya adalah, mengunjungi blog tetangga menjadi tidak berkwalitas apabila hanya sekedar meninggalkan pesan "say hallo" saja karena sesungguhnya banyak yang bisa diperbuat pada waktu yang sama sehingga blog lain mau melakukan kunjungan balik secara terus menerus.

Secara etika dalam ilmu blogwalking, memang seharusnya melakukan kunjungan balik setelah blog kita dikunjungi. Tapi masalahnya pekerjaan ini sangat melelahkan dan butuh waktu yang banyak jika di lakukan secara berulang-ulang. Tapi apa daya karena kita juga membutuhkan kunjungan tersebut.

Nah.. supaya tidak melakukan kunjungan yang berulang-ulang agar blog kita selalu dikunjungi sebaiknya tinggalkanlah komentar yang memicu kondisi rasa membutuhkan, menyukai dan juga perasaan nyaman terhadap blog kita. Disamping itu juga ada manfaat lain yang bisa diambil di blog yang kita kunjungi. Pada akhirnya jika semua langkah diatas telah dilaksanakan maka kita telah melakukan blogwalking yang berkwalitas.

Selengkapnya untuk mengetahui bagaimana cara melakukan blogwalking yang berkwalitas, sebaiknya perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Kunjungan balik ke blog lain melalui shoutbox dan kolom komentar.
Seperti telah dibahas diatas, kita harus melakukan kunjungan balik ke blog lain yang pernah mengunjungi blog kita. Hal ini dilakukan adalah untuk menjaga dan menjalin persahabatan sehingga diharapkan ada kunjungan rutin dari blog tersebut.

2. Kunjungan berimbang antara blog yang dikenal dengan yang belum dikenal.
Maksudnya adalah agar pengunjung blog anda bukan hanya dari blog yang sudah dikenal saja tapi juga berasal dari kunjungan blog baru .

3. Segera sebarkan url artikel yang baru saja anda publikasikan.
Untuk melakukannya cukup anda copy-paste di tab pada browser dan letakkan di kolom url pada shoutbox atau kolom komentar blog yang anda kunjungi. Hal ini dilakukan agar artikel baru anda mempunyai peringkat di halaman penelusuran search engine sehingga akan mendatangkan pengunjung baru di blog anda.

4. Pilih url artikel yang sesuai dengan kelemahan blog yang dikunjungi.
Sebelumnya perhatikanlah apa yang menjadi kekurangan blog yang anda kunjungi tersebut. Jika anda memiliki artikel yang sesuai dengan kelemahannya, isilah kolom di shoutbox atau di kolom komentarnya dengan url yang sesuai dengan kelemahan blog tersebut, tentunya dengan sedikit komentar untuk mengarahkan ke blog anda. Hal Ini dilakukan agar saat blog tersebut mengunjungi blog anda maka akan terbuka halaman artikel tentang kesulitan yang selama ini dialaminya tanpa harus bersusah payah mencarinya lagi.

5. Berikan komentar yang bermutu.
Kadang kala pengunjung memberikan komentar apa adanya. Tindakan ini sebenarnya merugikannya sendiri karena dengan komentar tersebut tidak akan mengundang blog lain mau berkunjung ke blog kita. Berikanlah komentar yang bermutu atau suatu pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang dibahas sehingga akan membawa rasa penasaran pengunjung lain untuk mendatangi blog kita.

6. Memberikan komentar pada artikel lebih baik daripada di shoutbox.
Ternyata memberikan komentar di blog lain bermanfaat juga untuk menaikkan page ranking (PR) terutama untuk komentar di kolom artikel yang secara tidak sengaja kita telah menanamkan link di blog lain. Perhatikanlah PR blog yang diberikan komentar harus diatas blog kita sehingga akan berbagi persentase PR nya dengan PR kita. Tapi jika PR nya berada di bawah, lebih baik berikan komentar di shoutbox saja karena dengan demikian PR kita akan terangkat oleh PR shoutbox tersebut.

7. Masukkan url blog dan jangan url halaman blog.
Tindakan ini justru bertolak belakang dengan poin nomer 4. Jika anda telah menjalankan poin nomer 4 kemudian ingin melakukan blogwalking kembali, perhatikanlah baik-baik sitemeter rangking blog anda. Jika rangking sitemeter blog mempunyai persentase yang sama dengan ranking artikel atau halaman blog anda. Jangan sekali-kali url artikel yang pernah disebarkan di pakai kembali untuk diletakkan di blog lain karena akan menyebabkan alexa rank anda melorot jika terjadi kunjungan yang besar secara mendadak. Hal ini juga akan terimbas pada peringkat halaman pencarian blog anda di search engine. Tapi jika kunjungannya sedikit saja maka peringkat alexa dan peringkat search engine tidak akan berpengaruh.

8. Datangi blog ber-PR tinggi kemudian berikanlah komentar disana.
Hampir sama dengan poin nomer 6 hanya saja disini kita memfokuskan untuk mencari blog dengan PR-nya yang tinggi kemudian memberikan komentar. Dengan demikian PR kita akan ikut terangkat karena blog tersebut akan berbagi persentase peringkat dengan blog kita.

9. Cari hal yang menarik pada blog lain untuk inspirasi anda.
Sekali lagi sangat rugi jika sudah melakukan kunjungan tapi tidak membawa manfaat terhadap blog sendiri. Lebih baik melakukan 10 kunjungan sehari tapi banyak manfaat yang bisa diambil daripada 100 kunjungan yang tidak memberikan kontribusi apa-apa terhadap blog kita.

Akhirnya tuntas sudah pembahasan 9 poin membuat blogwalking berkwalitas dikesempatan kali ini dan mudah-mudahan membawa manfaat bagi pengunjung Gudang rejeki semua. Jika ada kata-kata yang salah atau yang belum mengena pembahasan diatas saya harapkan para blogger bisa membaginya disini dengan memberikan komentar yang berarti sehingga kita akan menemukan jalan keluar untuk menaikkan peringkat blog kita semua.

Sekian dan terimakasih.





15 komentar:

Anonim mengatakan...

saya yabg Pertamax beri komentar, tips PR Anda boleh juga, nanti saya terapkan, thanks

Post Beasiswa mengatakan...

wah sip bgt tuh...nice info fren...cara penyampaian nya sngt bgs..ini bs jd referensi buat newbie yg baru kenal dunia blog...

Kelor Mata Sapi mengatakan...

Nambah ilmu nih. Emang sih kelihatannya sepele, tapi kalo kita kaji kembali itu sangat vital sekali. Menyangkut budaya sopan santun soalnya,hehe.. makasiii..

AndriRistiawan mengatakan...

makasie infonya
jadi kesindir sie
hihihih
tapi mulai saat ini jadi semangat buat melakukan blogwalking berkualitas
makasie yah infonya
keep posting
Glad to be here

Anonim mengatakan...

Kiat jeli, kawan... ijinkan saya menimba ilmunya untuk memperbaiki blog saya.

Dan terserah mau menggunakan kiat yang mana ketika berkenan mengunjungi blog saya. Karena dengan berkunjung ke sini pun saya merasa sudah mendapat manfaat.

Makasih, Sukses untuk Anda.

Anonim mengatakan...

Assalamu 'alaikumwr wb
Terima kasih atas artikelnya,Insya Alloh akan saya pelajari untuk perbaikan dan evaluasi Blog saya. Semoga amal baiknya dibalas oleh Alloh dengan balasan yang lebih baik

Salam sukses

Wassalamu 'alaikum wr wb

wadiyo
bp.wadiyo@gmail.com
http://dakwah.blogdetik.com/

HADIRI mengatakan...

Alhamdulillah baik bisa jadi acuan buat kami-kami yang masih merangkak didunia blog,ku tunggu postingan yang lain seperti cara mendaftarkan blog ke blogger atau cara mendapatkan teman difriendster.maklum anyar broo...

HADIRI mengatakan...

SIIP PAKEK TELOR,NGGAK BISA DIBUAT LEBIH SIMPLE YA!

bayu nugroho mengatakan...

oia, untuk berkomen di blog yang ber-PR tinggi,saya ngerasa aga pilih2 ya, kalo untuk bisnis ya silakan... tp kalo untuk persahabatan saya rasa semua yang menarik harus dikomentari...

bisnisipin mengatakan...

iya memang melelahkan blog walking itu, tapi semua itu hilang saat kita membaca artikel menarik seperti ini, saya mungkin sendikit share tentang kegiatan menaikan pagerank ini

gerbangmini mengatakan...

coba kalo ada widged yangbisa otomatis melakukan blog walking pasti enak tuh , ga usah cape2 lagi .. hehehe

i mengatakan...

mantap nih infonnya.....
mohon ijin terapkan pd web ku yaaa....www.liputanmalam.blogspot.com....soal x trafik msh kurang......mkasih yaaaa

BeGe NdroID mengatakan...

Ini cara blogwalk yang sebenarnya. Sangat relevan dan patut dicoba. Walaupun blog canti tapi miskin traffic apa gunanya. Gak ada yang liat. Ok makasih infonya brow :)

Aromei mengatakan...

salam kenal,,makasih infonya,,wah, ternyata ada juga ya dunia traffic :)baru belajar nih,berbagi&silaturahim lewat blog.

Yono mengatakan...

Terima kasih atas infonya, bagus juga

Posting Komentar

 

Free Template Zone

Coming Soon

Free Video & Mp3 Zone

HUMOR : 1.CANGEHGAR

Freeware Zone

Coming Soon