Jumat, September 05, 2008

Awas Ada Pencuri Data Di Internet

Bagi sobat yang biasa bertransaksi uang di internet, Gudang Rejeki menghimbau untuk berhati-hati karena seperti yang diberitakan beberapa tahun yang lalu di salah satu stasiun TV tentang terbongkarnya jaringan pencurian online di Indonesia. Modusnya dengan membuat email palsu dan lainnya dengan membuat website palsu.


Kecurangan seperti ini biasanya disebut dengan Phising. Kemudian seorang pelanggan tadi akan diarahkan untuk memasukkan data-data pribadi dimana ia mengira telah memasukkan data di website institusi resmi.Dari sinilah para pencuri mulai beraksi dengan memindahkan isi rekening ke dalam account mereka.


Masih banyak lagi modus lainnya yang patut kita waspadai dan jika berkaitan dengan account di Yahoo maka biasanya seorang phiser akan mencuri password sobat. Kemudian si phiser tadi masuk ke dalam account email dan melakukan perubahan seperti yang mereka inginkan. Hal ini sering disebut dengan Yahoo Phising.

Jadi para sobat, berhati-hatilah karena akhir-akhir ini pencurian data berupa nama dan password ketika sedang melakukan login sering terjadi. Hal ini harus lebih diperhatikan karena data-data sobat tidak akan dikirim ke server Yahoo namun ke tempat lain, sesuai yang phiser inginkan

Untuk mengantisipasinya ada beberapa tips yang bisa kita pakai untuk menghindari phising. Salah satunya adalah seperti fasilitas yang disediakan Yahoo yaitu dengan memberikan halaman verifikasi berupa gambar atau teks yang pribadi. Artinya ketika sobat login ke account email dan mendapatkan gambar atau teks yang telah sobat tentukan sehingga bisa di bedakan halaman tersebut memang benar dari Yahoo atau bukan. Untuk lebih jelasnya sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut agar tips ini bisa di gunakan.
  1. Buka alamat email Yahoo sampai muncul halaman seperti dibawah ini.
  2. Klik pada pojok kanan atas dari login box dan setelah muncul halaman seperti dibawah ini sobat bisa memilih salah satu yaitu berupa teks atau gambar untuk melindungi data sobat.
  3. Ambil contoh, kita menggunakan gambar sebagai verifikasi.Klik bagian “Upload gambar” dan klik tombol “Browse”. Disini sobat bisa memilih gambar sesuai yang diinginkan dari computer.Kemudian tekan tombol "Pratinjau" untuk melihat gambar verifikasi.
  4. Sekarang sobat bisa menekan tombol "Simpan" untuk menyimpan gambar verifikasi.
  5. Terakhir klik tombol “Ok” maka selesailah sudah dan apabila sobat melakukan login ke account Yahoo maka gambar verifikasi tersebut akan selalu muncul sebagai tanda bahwa login Yahoo tersebut adalah asli dan data sobat akan dikirimkan ke server Yahoo bukan ketempat lain.


Selain tips diatas ada beberapa lagi yang harus anda waspadai terhadap phising yang selalu masuk dari celah kelemahan dan kelengahan kita sehari-hari, antara lain:

  1. Jika sobat biasa menggunakan browser atau komputer yang berbeda-beda, pastikan bahwa telah dilakukan proteksi ulang seperti langkah diatas mulai dari awal lagi.
  2. Berhati-hati terhadap semua email keuangan yang datang. Pastikanlah bahwa itu benar-benar email resmi dari mereka.
  3. Perhatikanlah simbol @ pada alamat website. Pastikan benar karena bisa jadi alamat tersebut bertuliskan www.citybank.com@hackersites.com.
  4. Beberapa karakter atau ejaan pada alamat website berganti bahkan mirip.Misalnya paypal.com hamper mirip dengan paypa1.com (hurup l diganti dengan angka 1)
  5. Pada website resmi biasanya pada pojok kanan bawah ada tanda icon gembok untuk securitas atau keamanan dan jika tidak ada kita harus berhati-hati atau lebih baik membatalkan transaksi.
  6. Mengganti password dalam waktu berkala.Walaupun pekerjaan ini akan memakan waktu yang tidak sebentar tetapi tidak ada salahnya dicoba demi keamanan.
  7. Jangan sembarangan melakukan registrasi atau signup terhadap situs-situs yang ditemui karena bisa jadi ini adalah situs perangkap yang hanya mau mengambil data-data kita saja.
Demikianlah para sobat tips kali ini dari Gudang rejeki mudah-mudahan bermanfaat karena biasanya tindak kejahatan terjadi karena adanya kesempatan jadi waspadalah.. waspadalah..


10 komentar:

Kuchel Sandoz mengatakan...

Thanks banget infonya fren,jadi lebih hati nih

Anonim mengatakan...

makasih infonya ya. selain sumber informasi, internet jg bisa menjadi sumber petaka.... bener ga?

Anonim mengatakan...

infonya cukup menarik, moga jadi perhatian buat kita semua...oke...??

Anonim mengatakan...

wah harus lebih waspada nih :)

admin mengatakan...

ih.. ngeri juga neh. kayanya dunia udah ga aman ye? dimana2 banyak penjahat. thanks infonya, sangat mmbantu.

Anonim mengatakan...

maling sekalinya sukses ketagihan, efek jera gak ada, makanya makin banyak aja yang masuk MFC (Maling Fans Club)

Rafting Bogor mengatakan...

@Mr.KHoechel: makasih komen nya mudaha2an kita bisa jaga terus silaturahimnya.

@ekocimut: sepertinya kita harus belejar terus supaya dunia maya ga jadi senjata makan tuan.

@tawakal 17: bayangin kalo fasilitas nuklir dunia di hack, apa jadinya?.bisa2 itu nuklir pada loncat sendiri.

@OOM: makasih silaturahimnya OOM.

@teinosuke: intelejen dunia pun sekarang sudah memakai jasa hacker untuk masuk ke situs2 atau monitor lalu lintas internet tanpa melalui ISP (Provider).canggih ya...?

@project: Ternyata Google yang canggih atau Yahoo yg notabene kumpulan pakar2 masih ada celah2 untuk di hack.pastinya si hacker cari keuntungan dong..

Anonim mengatakan...

thank berat deh buat you cemuanya,karna data gue isinya data transaksi milyaran rupiah,pokok e thank alot for you guys

Anonim mengatakan...

NICE INFO!

Anonim mengatakan...

penyakit, jadi sampah masyarakat ajah.

Posting Komentar

 

Free Template Zone

Coming Soon

Free Video & Mp3 Zone

HUMOR : 1.CANGEHGAR

Freeware Zone

Coming Soon