Kamis, Juli 31, 2008

Sekilas Tentang Internet

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak tahu tentang internet, mulai dari siapa pemilik internet?, sampai dengan bagaimana internet bekerja?, padahal sering kali kita melakukan aktipitas di internet. Rasanya seperti kita punya rumah tapi tidak tahu ada di belahan bumi mana berada.

Selama ini yang kita tahu internet adalah tempat orang melakukan email, mailing list, ber frindster ria, ngeblog dan website tapi tahukah kawan-kawan, bagaimana antara dua buah komputer atau lebih bisa saling berhubungan satu dengan yang lain dari tempat yang berbeda pula?, pernahkan terpikirkan sebelumnya?, kemudian siapa pemilik internet yang begitu mengglobal?, Google kah?, Yahoo kah? atau Microsoft?. Pertanyaan ringan seperti ini akan selalu muncul, terutama buat kawan-kawan yang masih baru di dunia internet tapi sebenarnya kawan-kawan, pertanyaan seperti ini menuntut jawaban yang tidak sederhana.


Internet yang begitu hebat ini sebenar tidak ada pemiliknya dan internet merupakan jaringan global baik kecil maupun besar yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Pada awalnya internet terdiri dari beberapa hosting saja tapi kemudian menjadi jutaan pada saat sekarang.

Yang menarik lagi, walaupun internet tidak ada pemiliknya tetapi internet dipelihara dan di monitor oleh Internet Society suatu lembaga nonprofit (LSM) , berdiri tahun 1992. Lembaga ini mempunyai kerja mengawasi dan menjaga peraturan-peraturan sehingga kita bisa mengunakan dan berinteraksi dengan internet.

Komputer atau PC yang kita gunakan merupakan bagian dari sebuah jaringan, kemudian di sambungkan dengan telepon atau modem agar terkoneksi dengan Provider atau ISP (Internet Service Provider) sehingga komputer kita menjadi jaringan mereka dan dapat berhubungan dengan pengguna lainnya. Secara lengkapnya dari PC yang kita pakai akan terhubung dengan POP (point of phrase) yang ada di setiap wilayah atau daerah, Kemudian antara POP yang satu dengan lainnya dihubungkan dengan backbone dan semua hubungan tadi menuju ke satu titik yaitu ke Provider. Dalam satu negara yang terdiri dari beberapa provider akan membentuk hubungan lagi yaitu menuju IXP (Internet Exchange Point). Hubungan antara IXP (indonesia Internet Exchange) dengan IXP lainnya di luar negeri inilah yang menyebabkan kita dapat mengakses internet sampai jauh ke belahan bumi lainnya.

Terakhir untuk mengatur informasi dari jutaan komputer di seluruh dunia digunakan Router yang juga merupakan komputer. Sehingga dengan adanya Router ini pesan kita akan sukses dan tidak akan salah sampai ketempat tujuan.

Posting ini saya buat agar kita semua punya gambaran secara gelobal tentang internet. Mungkin dengan postingan ini akan membantu kawan-kawan dalam berkreasi atau bahkan melahirkan ide-ide briliant seputar internet yang mengangkat nama Indonesia kedunia maya. Selalu tidak ada kata terlambat untuk berkreasi dan terus semangat menambah pengetahuan pasti kita akan dapatkan hasil seperti yang kita inginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Free Template Zone

Coming Soon

Free Video & Mp3 Zone

HUMOR : 1.CANGEHGAR

Freeware Zone

Coming Soon