Minggu, Juli 06, 2008

Apa Dan Bagaimana Online Marketing Itu Bekerja?

Pemasaran di internet atau biasa kita sebut "pemasaran online" atau "online marketing" ada kesamaannya dengan "pemasaran offline" atau pemasaran yang seperti biasa kita jumpai sehari-hari. Contohnya adalah: dalam suatu kegiatan pemasaran ada seseorang atau beberapa orang atau perusahaan yang akan memperkenalkan produknya (iklan) melalui media-media seperti koran, majalah,radio,televisi dll. Sampai akhirnya produk tersebut dapat menarik calon pembeli sehingga transaksi antara kedua belah pihak terjadi. Tetapi perbedaan dalam online marketing yang membuatnya lebih unggul adalah karena mempunyai kecepatan yang luar biasa dalam prosesnya. Mulai dari memperkenalkan produk, proses pembayaran sampai dengan produk tersebut berada di tangan pembeli.

Kenapa dikatakan online marketing mempunyai kecepatan yang luar biasa?. Coba kawan-kawan perhatikan dan bandingkan dengan pemasaran sehari-hari yang kawan-kawan ketahui. Pertama, sampai pada saat produk di online kan persiapannya hanya dengan hitungan jam bahkan bisa dalam hitungan menit karena cukup melakukan copy-paste dan mungkin sedikit penambahan design disana sini saja. Yang lebih menarik lagi, kegiatan ini bisa kita lakukan sambil minum kopi dipagi hari dan dalam hitungan menit sudah ada pengunjung yang tertarik dengan produk kita. Jadi sangat berbeda sekali dengan marketing offline yang harus mencetak gambar-gambar produk kemudian mendistribusikan hasil cetakan tadi sampai ketangan konsumen. Yang kedua, transaksi pembayaran di marketing online adalah pembayaran secara online yaitu hanya dengan mengisi formulir tentang data-data account bank kita yang disediakan penjual dan tidak menggunakan uang atau alat pembayaran yang biasa kita jumpai. Jadi tidak perlu kawatir kecopetan atau bahkan mendapatkan uang palsu. Dan terakhir, untuk sampai ketangan konsumen produk yang sudah dibayar tadi, pembeli hanya cukup melakukan download saja untuk produk-produk tertentu. Gimana kawan-kawan luar biasa kan sistim marketing online ini?.

Ya tentu!, karena dari gambaran diatas sudah pasti, pada marketing online hanya membutuhkan biaya yang sangat kecil. Coba bandingkan, berapa biaya yang dibutuhkan pada saat orang ingin menjual produk dengan membuka toko dan akhirnya produk tersebut sampai di tangan pembeli?. Ambil contoh, jika kita ingin buka counter HP misalnya, berapa sewa toko setahun?, berapa bayar listrik, telepon dan karyawan sebulan?. Woow... luar biasa perbandingannya.
Jadi, tertarikkah kawan-kawan dengan online marketing?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Free Template Zone

Coming Soon

Free Video & Mp3 Zone

HUMOR : 1.CANGEHGAR

Freeware Zone

Coming Soon